Mimbar Pembaca


Alergi pada Kulit, Adakah Obatnya?

 

Ibu dokter, semenjak 3 bulan yang lalu di kedua belah tangan saya  muncul bentuk seperti panu mulai dari siku hingga jari tangan.   Kadang di tempat tersebut terasa gatal meski sedikit.  Saya sudah coba untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan diberi resep, tapi mahal sekali harganya.   Selain itu saya juga memakai beberapa obat kulit, tapi belum memberikan hasil yang nyata.  

 

Pertanyaan:

Apakah ada obat herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit saya ini, karena saya belum pernah pakai obat-obatan seperti dari herbal.

 

Sofyani H.S

Jl. Ir. H Juanda Sampit

Kalimantan Timur

 

Jawaban

Bapak Sofyani, dari gejala yang diutarakan kemungkinan besar Bapak mengalami dermatitis atau yang lebih dikenal sebagai radang kulit.  Hal tersebut bisa disebabkan karena berbagi hal.  Beberapa obat herbal yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi keluhan Bapak yaitu:

- Mimba (Azadirachta indica) 2 x 1 kapsul atau 7 g kering

- Pegagan (Centella asiatica) 3 x 1 kapsul atau 10 g kering

- Rumput mutiara (Hedyotis corymbosa) 3 x  1 kapsul atau 10 g kering

- Patikan kebo (Euphorbia hirta) 3 x 1 kapsul atau 10 g kering

Sedangkan untuk pengobatan luar, bisa digunakan rebusan daun mimba dan patikan kebo yang dipakai untuk mencuci bagian yang sakit/luka.

 

Dr. Vivi K. Tjahjadi

Klinik Herbal Karyasari Galur

Jakarta Pusat Telp/Fax (021) 42872438

 

Benarkah Saya Menderita Kanker Leher Rahim? 

 

Dr Prapti, saya seorang wanita dengan usia 56 tahun dengan berat 43 kg dan tinggi 145.  Memiliki tekanan darah 140.  Sejak setahun lalu menurut diagnosa dokter, saya terkena kanker leher rahim.   Saya merasakan beberapa keluhan seperti keputihan yang terlalu banyak dan berbau.  Sulit tidur serta jika buang air besar dan kecil badan terasa lemas. 

 

Pertanyaan

1.  Apakah itu memang pertanda terkena kanker dok?

2.  Adakah ada tanaman obat yang dapat mengobati penyakit saya itu

 

Perlu dokter ketahui bahwa saya enggan untuk melakukan terapi medis karena takut efek negatifnya, sehingga saya hanya mencoba pengobatan alternatif dan minum jamu. 

Atas perhatian dokter saya ucapkan terima kasih.

 

Juniasih

Maskarebet Kompleks Kehutanan Sukarame

Palembang

 

Jawaban

Ibu yang baik, dari yang keluhan yang ibu alami memang sepertinya terdapat tanda-tanda seperti  orang yang menderita kanker leher rahim.  Secara pastinya memang harus melalui beberapa pemeriksaan medis lanjutan, yang berfungsi memastikan diagnosa tersebut.  Alangkah baiknya bila Ibu tetap melakukan pemeriksaan medis, karena dengan demikian kita bisa mengetahui dan mengevaluasi hasil pengobatan alternatif yang Ibu lakukan.   Untuk membantu mengatasi masalah tersebut ada beberapa obat herbal yang bisa digunakan yaitu:

-  Keladi tikus (Typhonium flageliforme) 3 x 1 kapsul

-  Temu putih (Curcuma zedoaria) 3 x 1 kapsul atau 50 g umbi basah

-  Bidara upas (Merremia mammosa) 3 x 1 kapsul atau 35 g umbi basah

-  Buah Makassar  (Brucea javanica) 3 x 2 kapsul

-  Sambiloto (Andrographis paniculata) 3 x 1 kapsul atau 10 g herba kering

Selain mengkonsumsi obat herbal tersebut,  ibu juga sebaiknya melakukan pantangan terhadap daging merah, penyedap, pengawet, dan makanan dengan zat aditif seperti pewarna.  Semoga lekas sembuh!

 

Dr. Vivi K. Tjahjadi

Klinik Herbal Karyasari Galur

Jakarta Pusat Telp/Fax (021) 42872438

 

Bau Mulut Sangat Mengganggu

 

Dokter, saya pemuda umur 22 tahun punya masalah yang cukup serius yaitu bau mulut.   Meski setiap habis makan selalu sikat gigi, namun 10 menit kemudian bau itu muncul lagi  Keadaan ini sungguh mengganggu aktivitas saya, dan hal ini sudah berlangsung sekitar 5 tahun.  Pernah saya konsultasi dengan dokter gigi, tapi hanya dibersihkan plaknya  dan ternyata masih bau.  Selain itu saya juga rajin berkumur dengan larutan penyegar yang sering diiklankan di tv, tapi belum sembuh juga.

 

Pertanyaan:

Adakah herbal yang mampu mengusir bau mulut ini, tolonglah dokter?

 

Ahmad Ridha – Banda Aceh

 

Jawaban

Sdr Ahmad, bau mulut bisa disebabkan beberapa hal seperti  adanya gigi yang sakit dan membusuk.   Selain itu juga bisa berasal dari saluran pencernaan dalam hal ini lambung.  Apakah anda sering konsumsi daging? dan jarang mengkonsumsi sayur dan buah-buahan? Apakah saudara mempunyai keluhan atau gangguan pada sistem pencernakan, misalnya adanya rasa tidak enak di uluh hati, sembelit dll? Itu beberapa pertanyaan saya, berkaitan dengan keluhan anda tersebut.  Namun untuk sementara ini, anda bisa mulai menggunakan obat herbal untuk membantu mengatasi keluhannya, yaitu:

-  Sambiloto 3 x 1 kapsul ekstrak

-  Rebusan akar alang-alang (Imperata cylindrica) 30 g

Selain itu usahakan hindari makanan seperti daging merah, santan, gorengan dan perbanyak makan buah dan sayuran.   Nah agar hasilnya maksimal silahkan anda kirimkan lagi data lanjutan seperti yang saya tanyakan tadi, agar permasalahannya makin jelas.  Semoga lekas sembuh!

 

Dr. Vivi K. Tjahjadi

Klinik Herbal Karyasari Galur

Jakarta Pusat Telp/Fax (021) 42872438

 

LAYANAN KAMI


  1. Klinik Herbal
  2. Balai pengobatan Herbal
  3. Konsultasi Pengobatan
  4. Obat-obat Herbal
  5. Kebun Tanaman Obat
  6. Pelatihan Tanaman Obat
  7. Agrowisata Tanaman Obat
  8. ...
Layanan Lain

AGENDA

November 2017
MSSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930