Makanan / Minuman


BUAH DAN SAYURAN

SUMBER VITAMIN ALAMI

 

Buah dan sayuran merupakan bahan pangan yang sangt penting bagi tubuh. Bahan ini mudah didapatkan diberbagai Tempat. Akan tetapi masih banyak orang yang menyepelekan dan kurang suka mengkonsumsinya dengan berbagai macam alasan. Padahal buah dan

sayuran tersebut banyak mengandung vitamin dan mineral yang begitu lengkap. Selain vitamin, buah dan sayuran tersebut Banyak mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan.

 

MANFAAT VITAMIN

Vitamin merupakan unsur penting untuk kesehatan. Tanpa vitamin proses metabolisme tubuh akan terhenti. Kadar vitamin yang kurang dan berlebihan dalam tubuh, akan menghalangi seseorang mendapatkan kesehatan yang optimal.Vitamin bersama enzim dalam reaksi kimia, penting untuk tubuh termasuk dalam memproduksi energi.

Vitamin dapat dibagi menjadi 13 jenis yang masing-masing mempunyai peran yang berbeda-beda bagi tubuh. Ke 13 jenis vitamin ini dikelompokan menjadi dua golongan yaitu : vitamin yang larut dalam lemak seperti : vitamin A, D, E, dan K. Sedangkan yang kedua adalah vitamin yang larut dalam air diantaranya : vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12, asam folat, biotin dan vitamin C.

 

SUMBER VITAMIN dan KEGUNAANNYA

 

VITAMIN A

Sumber vitamin A yang paling banyak terdapat pada jenis sayuran yang berwarna hijau gelap seperti : bayam, katuk, daun singkong, kangkung, serta sayuran berwarna kuning atau orens seperti : wortel, kentang, tomat dan labu kuning.

Secara umum fungsi vitamin A tersebut adalah :

-. Berhubungan dengan system visual berfungsi pada proses visual (penglihatan). Salah satu tanda kekurangan vitamin A adalah timbulnya penyakit rabun senja.

-. Untuk pertumbuhan dan perkembangan

-. Mempertahankan kesehatan dan struktur kulit, rambut dan gigi

-. Reproduksi

-. Pembuatan hormon adrenalin

-. Pembuatan dan aktivitas hormon thyroid

-. Meningkatkan system kekebalan tubuh


VITAMIN B1 (Thiamin)

Sumber utama vitamin B1 adalah pada jenis sayuran : kacang-kacangan, beras merah, biji bunga matahari, gandum, beras tumbuk, buncis, asparagus, kentang, dan susu.

Secara umum fungsi vitamin B1 adalah :

-. Sebagai enzim untuk menghasilkan energi dan metabolisme karbohidrat.

-. Membantu fungsi normal syaraf otot dan jantung.

Thiamin atau vitamin B1 dikenal sebagai morale vitamin karena mempunyai efek yang menguntungkan pada system syaraf serta sikap mental.

 

VITAMIN B2 (Riboflavin)

Bahan makanan yang kaya akan Riboflafin atau fitamin B2 adalah : kedelai, jamur, sayuran berwarna hijau, asparagus, kacang-kacangan, kapri, kacang panjang, susu, daging, hati, ginjal, jantung, keju dan telur.

Di dalam tubuh, fungsi vitamin B2 adalah :

-. berperan dalam dua enzim penting (FMN dan FAD) dalam proses produksi energi.

-. Membantu pertumbuhan dan reproduksi

-. Membantu dalam proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan proatein.

-. Turut menjaga kesehatan mata, serta menjaga kesehatan kulit, kuku, rambut, mulut, bibir dan tenggorokan.

 

VITAMIN B3 (Niacin)

Bahan makanan yang kaya akan Niacin atau vitamin B3 adalah : alpukat, asparagus, kacang tanah, kacang-kacangan, susu, ikan, telur, daging dan hati.

Fungsi Niacin atau vitamin B3 tersebut adalah :

-. Mengandung enzim yang berperan dalam metabolisme lemak, dan kolesterol, menghasilkan karbohidrat serta pembuatan beberapa senyawa tubuh seperti hormon sex dan adrenalin.

-. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

-. Dapat mengobati penyakit beri-beri

 

VITAMIN B5 (Asam pantotenat).

Sumber utama Asam pantotenat atau vitamin B5 adalah : brokoli, ubi jalar, kembang kol, jeruk, strouberry, kacang-kacangan, gandum hati, susu, telur dan ikan.  

Vitamin B5 dikenal sebagai vitamin anti stress, karena asam pantotenat dalam tubuh sering digunakan untuk :

-.   Mendorong berfungsinya adrenal optimum dan metabolisme sel-sel.

-. Mendorong berfungsinya pantetin yang digunakan untuk menurunkan tingkat kolesterol darah dan trigliserida, karena pantetin merupakan bentuk paling aktif dari asam pantotenat.

-.  Merupakan komponen koenzim A yang berperan dalam penggunaan lemak dan karbohidrat sebagai sumber energi.

-.   Berperan dalam memproduksi hormon adrenalin dan sel-sel darah merah.


VITAMIN B6 (Piridoksin)

Bahan makanan yang kaya akan vitamin B6 adalah gandum, kacang panjang, kedelai, buncis, pisang, kentang, kubis, kembang kol, hati, ginjal, susu, telur, dan daging.

Fungsi utama vitamin B6 dalam tubuh adalah :

-.  Berperan dalam pembentukan protein tubuh dan senyawa struktural, transmitter kimia dalam system syaraf.

-.  Mempertahankan keseimbangan hormon dan berfungsinya kekebalan.


VITAMIN B12 (Cobalamin)

Sumber bahan makanan yang kaya akan vitamin B12 adalah : hati, telur, ginjal ikan, keju dan daging.

Fungsi vitamin B12 dalam tubuh adalah :

-. Bekerja sama dengan asam folat untuk proses-proses tubuh termasuk dalam sintesa DNA serta berperan dalam mengaktifkan kembali asam folat.


VITAMIN C

Sumber utama vitamin C adalah : jambu biji, jeruk, tomat segar, mangga, sirsak, brokoli, cabe hijau dan merah, kentang, lalapan mentah, dan asparagus.

Vitamin C dapat rusak oleh temperatur tinggi dan udara panas, oleh karena itu untuk mendapatkan vitamin C secara maksimal dianjurkan mengkonsumsi buah atau sayur dalam keadaan segar.

Fungsi utama vitamin C dalam tubuh adalah :

-. Menyeembuhkan bagian tubuh yang luka, sakit atau rusak serta mencegah terjadinya luka memar.

-.  Membantu perkembangan tulang dan gigi serta pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

-.   Sebagai zat anti-oksidan serta menghambat pertumbuhan nitrosamin (zat penyebab kanker)


VITAMIN D

Vitamin D dapat diproduksi dalam tubuh  dengan reaksi sinar matahari terhadap kulit. Vitamnin ini mampu menstimulasi penyerapan kalsium. Dalam keadaan alami vitamin D dapat dijumpai pada banyak sayuran yang berwarna hijau gelap, mentega serta kuning telur.


VITAMIN E

Sumber vitamin E yang paling baik adalah terdapat pada : kecambah, asparagus, kacang-kacangan, alpukat, brokoli, sayuran berwarna hijau,sayuran berwarna oranye serta telur.

Fungsi utama vitamin E dalam tubuh adalah :

-. Sebagai anti-oksidan dalam mencegah kerusakan membram sel

-. Dapat mencegah dan melarutkan darah yang menggumpal.

-. Mengurangi penumpukan lemak

-. Mengurangi tekanan darah.

-. Mengurangi kram pada lengan dan kaki serta mengurangi resiko keguguran.


VITAMIN K

Sumber utama vitamin K terdapat pada bahan makanan antara lain : brokoli, kubis, bayam, teh hijau, asparagus, gandum, kacang polong hijau segar, sayuran hijau, minyak sayur, minyak ikan, serta kuning telur. Secara umum di dalam tubuh, vitamin K berperan dalam membantu terjadinya penggumpalan darah.

 

WASPADA ….!

HATI-HATI MENGGUNAKAN VITAMIN

Walaupun vitamin sudah  jelas sangat baik bagi kesehatan, namun penggunaannya harus sesuai dengan  kebutuhan.

*.- Kebanyakan mengkonsumsi vitamin A bisa menyebabkan rambut rontok, diare, penglihatan kabur, gatal-gatal, siklus haid tidak teratur, lekas capek, dan terjadinya pembesaran hati.

*- Supaya vitamin A dapat diserap tubuh secara optimal,  kita dianjurkan tidak bekerja berat secara fisik, selama 4 jam sesudah mengkonsumsi vitamin A tersebut

*- Vitamin dosis tinggi tidak boleh dikonsumsi sebagai tambahan obat jerawat accutane yang mengandung isotretionin.

*- Dosis tinggi vitamin B1 (Tiamin) dapat mengganggu produksi insulin dan tiroid,  Dalam kondisi ini, vitamin B1 dosis tinggi  juga dapat meniadakan khasiat vitamin-vitamin B lainnya.

*- Dosis tinggi vitamin B2 (Riboflamin) dapat menyebabkan orang tidak tahan terhadap terik matahari.

*- Dosis berlebihan Choline  (salah satu anggota B kompleks) dalam jangka panjang menyebabkan kekurangan vitamin B6 (piridoksin : pencegah kekejangan otot waktu malam, kejang kaki, kebaalan tangan).

*- Vitamin C dapat mengubah hasil tes kadar gula darah. Karena itu mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi harus dihentikan kalau kita hendak memeriksa kan darah.

*- Vitamin C dosis tinggi dapat menyapu bersih vitamin B (kobalamin) dan asam folat.

*- Pepaya dan nanas segar sebagai sumber vitamin A dan C tidak baik di konsumsi oleh orang yang lambungnya sedang meradang.

*- Karena vitamin D mendorong penyerapan kapur,  maka kelebihan vitamin D yang ditimbun dalam tubuh dapat meningkatkan kapur dalam darah

*- Vitamin E harus dipakai secara hati-hati oleh mereka yang bertekanan darah tinggi, penderita diabetes, dan rematik jantung.

*- Vitamin E dosis tinggi justru akan memperburuk keadaan jantung pada penderita rematik jantung yang sudah tidak seimbang lagi antara bilik kiri dan bilik kanan.

*- Vitamin K dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah dan anemia.

*- Susu yang ditambah vitamin D sintesis, bisa menurunkan kadar magnesium dalam tubuh.









tempe

dari mataram sampai paman sam

Tempe merupakan makanan asli Indonesia yang telah dikenal dan dikembangkan sejak jaman Jawa Kuno. Sebuah keluarga kecil kala itu menambahkan sejenis kapang pada kedelai rebus. Kemudian jadilah makanan yang bernama tempe itu. Kebesaran nama makanan asal Mataram ini sekarang telah berkibar hingga di Negeri Paman Sam.  

Siapa yang mengira bahwa tempe sebagai makanan asli Indonesia ini sangat populer di California. Jadi, ironis sekali jika masih ada masyarakat kita yang menganggap panganan ini kurang bergengsi. Berdasarkan banyak fakta bahwa tempe bukan hanya sekadar makanan penghilang rasa lapar semata. Tapi tempe membawa khasiat dan manfaat bagi kesehatan yang luar biasa. Zat gizi dan berbagai senyawa aktif yang terkandung di dalamnya tidak hanya digunakan untuk membangun tubuh saja, melainkan juga melindungi kita dari serangan berbagai penyakit. Diantaranya jantung koroner, aterosklerosis, kolesterol tinggi, serta diare.

 

Sejak jaman Jawa Kuno  

Kebesaran nama tempe tidak hanya berkibar di dalam negeri saja, melainkan sampai ke mancanegara. Sehingga saat ini tidak ada lagi yang meragukan khasiat bahan makanan dari kacang kedelai ini. Barang masih ada di antara kita yang tidak mengetahui bahwa tempe merupakan makanan yang telah dikenal sejak zaman Jawa kuno, yaitu pada zaman Kerajaan Mataram.

Waktu itu, tempe hanya dibuat dari kedelai hitam dengan teknologi rakyat yang sangat sederhana, namun hasilnya patut diacungi jempol. Pada zaman itu, tempe sangat erat kaitannya dengan kebiasaan dan kebudayaan orang jawa. Tapi sekarang, tempe sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia. Hampir dapat dipastikan makanan ini selalu hadir dalam daftar menu makan orang Indonesia.

Pada zaman kerajaan Mataram, tempe mempunyai arti simbolis dan ritual, selain berhubungan sengan status sosial ekonomi seseorang, tempe selalu dipergunakan dalam upacara kepercayaan masyarakat setempat.

Namun dalam perkembangannya, tempe tidak hanya dipandanga sebagai makanan saja, melainkan sudah mulai dipakai untuk keperluan kesehatan seperti obat (antibiotik dan antidiare), untuk perawatan kulit, pelangsing tubuh, dan penurun kadar kolesterol darah.

 

Produk fermentasi

Tempe merupakan produk fermentasi kedelai dengan menggunakan jasa jamur rhizopus. Selama proses fermentasi berlangsung banyak terjadi perubahan yang bersifat biokimia dan fisika yang dilakukan oleh rhizopus yang sangat menguntungkan dari segi gizi dan kesehatan. Temuan ini membuktikan bahwa betapa tinggi budaya nenek moyang zaman dulu yang dapat menciptakan makanan bergizi tinggi.

Awalnya rhizopus hanya ditemukan dan berkembang di pulau Jawa, namun sekarang kita bisa mendapatkan bibit kapang ini dengan mudah.

Sekarang, teknologi pengolahan tempe telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, baik di dalam maupun di luar negeri.

 

Gizi dan kesehatan

Banyak hasil penelitian yang mengungkap khasiat tempe ini, antara lain mudah dicerna, mengandung gizi yang tinggi, zat gizinya mudah diserap usus, mengandung zat yang bersifat anti infeksi, anti oksidan, dan menurunkan kadar lemak dan kolesterol darah.

Tempe tidak hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa saja, melainkan bayi pun dapat mengkonsumsinya setelah bahan diolah secara khusus. Kandungan gizi yang tinggi pada tempe mampu menanggulangi masalah kurang protein seseorang.

Selama dalam proses pembuatan tempe aktivitas jamur rhizopus dan mikroorganisme lain yang terlibat telah mampu meningkatkan mutu gizi kedelai, seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Oleh rhizopus asam fitat diuraikan menjadi fosfor dan biotin sebagai komponennya dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Asam fitat yang tidak diuraikan pada kedelai (selain tempe) akan menghambat penyerapan mineral oleh tubuh.

Fermentasi kedelai ini mampu meningkatkan jumlah nitrogen terlarut hingga 0,5-2,5 persen. Begitu juga dengan kadar asam aminonya. Peningkatan asam amino menyebabkan protein tempe akan lebih mudah diserap dibandingkan dengan protein kedelai. Rhizopus juga mampu meningkatkan asam lemak bebas dari 0,5 persen pada kedelai rebus menjadi 21 persen pada tempe. Asam linoleat dan asam linolenat bebas yang merupakan asam lemak penting meningkat dari 0 menjadi 2,5 persen dan 0,3 persen.

 Ketika pembuatan tempe berlangsung, jenis-jenis bakteri yang tidak sengaja terikut pun memaikan perannya yang menguntungkan. Bakteri-bakteri tersebut memproduksi jenis vitamin B, B2, niasin, pridoksin, biotin, asam folat, asam pantotenat dan vitamin B12. Mineral besi dalam tempe juga akan dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah (hemoglobin).

Tempe juga baik dikonsumsi oleh wanita hamil, menyusui, serta manula yang berisiko terhadap penyakit kardiovaskuler. Mengkonsumsi tempe sebanyak 150 g per hari selama 2 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Ini akan menghambat aterosklerosis dan oksidasi LDL sehingga membantu mengurangi risiko infark (sel mati).

 

Antibakteri

Tempe bukan hanya makanan yang mengandung gizi tinggi, melainkan mempunyai peran penting dalam kesehatan. Tempe dapat menangkal serangan penyakit karena infeksi amoeba disentri, serta 9 jenis bakteri yang merugikan lainnya. Rajin mengkonsumsi tempe juga dapat menolong penderita penyakit tipes yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhii. Makanan ini juga baik untuk mencegah terjadinya diare karena serangan escherichia coli, serta bersifat anti terhadap bakteri shigella flexneri.

  Makanan formula tempe menghasilkan pertumbuhan yang baik pada bayi dan anak sehat, anak balita penderita gizi buruk dan penderita diare kronis, memulihkan keadaan dan fungsi saluran cerna pada anak yang terinfeksi bakteri dan investasi cacing.

 

Industri pangan modern

Pada kondisi tubuh bagaimana pun, mengkonsumsi tempe tetap akan membawa keuntungan. Berbagai antioksidan yang dikandungnya tidak hanya mampu menstabilkan minyak dan lemak saja, tetapi senyawa anti oksidan pada tempe mampu menghambat peroxidasi lemak yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan maupun penggunaan beberapa obat.

Tempe dan berbagai bentuk olahannya dapat mencegah terjadinya cytotoxicity hingga 100 persen, dan dapat mencegah kerusakan sel akibat zat perusak seperti phalloidine atau a-amanitine. Antioksida tempe dapat menghambat metabolisme oksidasi arachidonat menjadi thromboxanes, prostaglandines dan leucotrienes yang sering menimbulkan gangguan kesehatan. Tempe dan produk ikutannya dapat menghambat produksi zat-zat ini, sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa isoflavonoids tempe mempunyai aktivitas anti kanker.

 

Fakta tentang tempe

Telah banyak penelitian tentang tempe hingga saat ini. Dari situlah maka banyak fakta yang menyebutkan bahwa tempe merupakan sumber makanan yang sangat bagus untuk memelihara kesehatan maupun mengobati penyakit.

Protein yang sudah dipecah menjadi lipoprotein akan dengan mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Vitamin tertentu diantaranya B, B2, B12, dan beberapa asam terdapat dalam tempe, sedangkan pada kedelai rebus tidak ditemukan. Vitamin dan asam-asam tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Serat terlarut maupun tidak terlarut dalam tempe akan mengikat kolesterol dan asam empedu untuk diseret ke luar tubuh. Serat juga menurunkan risiko kanker usus besar dan wasir.

Vitamin E dan karotenoid dalam tempe bersifat antioksidan. Kedua senyawa ini mampu menghambat aterosklerosis, serangan jantung dan kanker.

Asam lemak bebas yang meningkat dari 0,5 persen pada kedelai rebus menjadi 21 persen dalam tempe. Asam lemak bebas ini mampu menurankan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Asam fitat dalam tempe akan terurai sehingga penyerapan mineral tidak terhambat lagi, misalnya penyerapan mineral besi.

 

LAYANAN KAMI


  1. Klinik Herbal
  2. Balai pengobatan Herbal
  3. Konsultasi Pengobatan
  4. Obat-obat Herbal
  5. Kebun Tanaman Obat
  6. Pelatihan Tanaman Obat
  7. Agrowisata Tanaman Obat
  8. ...
Layanan Lain

AGENDA

November 2017
MSSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930